Sabtu, 21 November 2015

Macam Jenis Bahan Sepatu

Macam Jenis Bahan Sepatu
Oleh: Hadi Nur Pakar

 Selamat Pagi semua. Kali Mimin akan menjelaskan macam dan jenis bahan sepatu. Buat kalian yang mau beli barang secara online atau pun offline, Mimin sarankan agar mengenali dulu barang yang mau dibeli. Supaya Sobat sekalian tidak kecewa setelah memilih dan membeli barangnya. Hal yang paling dasar adalah bahannya apa? dan nanti perawatannya bagaimana? Langsung ajah kita bahas satu persatu mulai yang berbahan kulit.


JENIS BAHAN KULIT / LEATHER


Dari namanya ajah udah jelas kalau aslinya bahan ini diambil dari kulit, tapi jangan takut karena yang dimaksud bukan kulit anda tentunya. Biasanya kulit yang dipakai itu berasal dari kulit binatang seperti buaya, ular, atau sapi. Kulit Asli menjadi pilihan yang pas karena menawarkan kenyamanan dan ketahanan. Kulit Asli  memiliki poros yang tinggi sehingga tepat digunakan dimusim hujan maupun musim panas dan bahkan musim salju. Bahan kulit asli ini juga ada banyak macamnya, Sobat.

1. SUEDE



Kulit suede merupakan bahan pembuat sepatu yang sebenarnya juga merupakan kulit. Namun proses kulit suede, bagian yang difinishing adalah bagian belakang dari kulit bukan bagian permukaan kulit tersebut. Efek yang dihasilkan adalah seperti bulu lembut yang menarik. Kulit Suede memiliki tekstur yang lebih lembut. Sepatu kulit yang menggunakan bahan kulit suede terkesan lebih santai dan tidak formal / casual. Sepatu yang dibuat dari bahan kulit suede mempunyai berbagai varian warna. Sepatu model casual, sepatu boot, dan sepatu wanita adalah model-model sepatu yang sangat cocok digunakan dengan bahan kulit suede.


2. BUK/NUBUCK

Kulit buk merupakan jenis bahan pembuat sepatu yang mirip dengan kulit suede. Perbedaan kulit buk dan kulit suede yaitu pada teksturenya. Jika kulit suede mempunyai teksture seperti bulu yang lembut, tidak hanya dengan kulit buk. Kulit buk mempunyai tekstur yang agak kasar. Perbedaan kulit buk dan kulit suede juga ada pada proses finishing penyamakan kulitnya. Model sepatu yang sering dibuat menggunakan kulit buk yaitu model sepatu-sepatu casual. Selain pada sepatu model kasual, kulit buk juga sering digunakan sebagai bahan kombinasi dalam pembuatan sepatu boot. Sepatu yang menggunakan kulit buk dalam proses pembuatannya, mempunyai warna-warna yang beragam seperti sepatu yang dibuat menggunakan kulit suede.

3. BRUSH OFF




Kalau Sobat pernah lihat sepatu yang mulus mengkilap, ini nih bahannya. Bahan sepatu kulit ini memilki kualitas permukaan halus dan mengkilat. Kelebihan lain dari bahan sepatu ini mudah dibersihkan. Jenis kulit Patent Leather adalah jenis kulit yang diproses dengan dilapisi bahan protektif seperti acrylic. Sehingga menghasilkan jenis kulit yang sangat mengkilap, berwarnana terang, dan licin. Biasanya jenis kulit ini digunakan sepatu formal.

4. FULL GRAIN

Jenis bahan kulit yang satu ini di proses secara utuh tanpa mengubah atau memodifikasi struktur permukaan kulit bawaanya. Sehingga motif permukaan pori-pori kulit (grain) masih terlihat alami atau natural, sehingga tekstur kulit binatang masih terlihat cukup jelas. Sobat akan terlihat lebih "garang" kalau pakau yang beginian. Bahan kulit ini sering di buat untuk mabel, tas, jaket dan juga sepatu tentunya.


JENIS BAHAN SINTETIS / SYNTHETIC

Baik, langsung saja kita cari tahu, apa ajah dan bagaimana sih penjelasannya bahan-bahan sepatu non kulit?

5. SINTETIS

Kulit sintesis adalah jenis bahan pembuat sepatu yang berasal dari campuran bahan-bahan kimia yang diolah di pabrik. Kalau Mimin sering bilangnya kulit boong-boongan. Kulit sintesis sediri mempunyai tekstur yang mengkilat. Kulit sintesis merupakan jenis bahan pembuat sepatu yang paling sering digunakan oleh para produsen. Hal ini disebabkan oleh murahnya harga kulit sintesis dibanding dengan harga dari kulit asli. Jadi, cocok buat kalian yang lagi pas-pasan. Model sepatu seperti model sepatu-sepatu formal, model sepatu kasual, model sepatu boot, serta sepatu olahraga sering kali menggunakan kulit sintesis dalam pembuatannya. Tak hanya model itu saja, model sepatu anak-anak juga sering menggunakan kulit sintesis dalam pembuatannya.

6. LAK

Kulit lak merupakan jenis bahan pembuat sepatu yang menyerupai kulit sintesis dikarenakan teksturnya yang mengkilap. Tekstur mengkilap pada kulit lak disebabkan oleh akhir proses finishing kulit. Kulit lak merupakan bahan pembuat sepatu yang cenderung tahan dengan air serta mempunyai cara perawatan yang cukup mudah. Dalam perwatannya, sepatu berbahan kulit lak tidak perlu disemir namun cukup di basuh atau dilap degan air saja.

7. CANVAS

Jenis bahan ini mudah dicuci atau dibersihkan hanya dengan di lap menggunakan kain. Jenis bahan kanvas berasal dari bahan turunan hemp dan sekarang juga telah terdiri atas bahan katun juga flax yang membuat bahan ini menjadi lebih tahan lama. Salah satu brand sepatu yang menggunakan jenis bahan canvas adalah sepatu converse.

Canvas merupakan jenis bahan sepatu yang umum dalam pembuatan sepatu sekolah. Selain digunakan dalam pembuatan sepatu sekolah, jenis bahan ini juga biasa ditemukan dalam pembuatan sepatu lukis karena jenis bahan ini mudah digunakan untuk menggambar suatu objek. Sepatu yang terbuat dari bahan canvas umumnya memiliki warna hitam atau putih.


8. DENIM

Denim berasal dari eropa dan pertama kali muncul sekitar abad ke 18 dan berkembang hingga kini menjadi bahan utama untuk fashion. Denim merupakan jenis bahan pembuat sepatu yang juga sering disebut sebagai bahan jeans. Bahan ini menyerupai bahan canvas. Namun bahan denim atau jeans biasanya digunakan untuk membuat model sepatu casual atau sepatu sneakers. Warna dari sepatu berbahan denim ini umumnya warna biru, warna abu-abu dan hitam. Bahan denim juga tergolong bahan pembuat sepatu yang kuat dan tahan dalam waktu yang lama.



9. KARET

Karet adalah hasil olahan getah dari pohon karet yang sering digunakan dalam pembuatan sepatu. Sepatu-sepatu wanita merupakan sepatu yang paling sering dibuat dengan menggunakan bahan karet. Namun di era modern ini, bahan karet juga sering dijumpai pada sepatu-sepatu pria khususnya sepatu pantopel dan sepatu kasual. Sepatu berbahan karet tergolong kedalam sepatu tahan lama dikarenakan sepatu ini mempunyai bentuk yang lentur dan tahan air. Cocok buat para kurir yang kerja di lapangan. Hajar terus tanpa takut rusak.

Sepertinya itu saja yang dapat Mimin bagikan pagi ini. Semoga bermanfaat buat Sobat-Sobat yang lagi galau mau beli sepatu. Baca artikel lainnya juga, ya. Seperti sol-sepatu. Jika ada penemuan bahan terbaru nanti Mimin Share lagi. Kalau ada yang cari bahan berkualitas, Mimin rekomendasi klik ini tokopedia . Dijamin bahan kualitas terbaik. Mimin udah coba sendiri.

Sumber: mahakamnine.com dan bandros.co.id


3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Thanks min penjelasan nya sangat lengkap,, monggo yang mau liat2 sepatu jenis kulit yg di jelasin mimin bisa cek di sini : www.mens-area.com

    BalasHapus
  3. bahan kulit sepeerti suede itu lembut yahh, malah sekarang bahan sepatu seperti suede ini juga udh bisa dijadiin sbg bahan pakaian

    http://www.marketingkita.com/2017/08/manfaat-adanya-distributor-dalam-ilmu-marketing.html

    BalasHapus